Selamat Datang | Selamat datang "Mahasiswa Baru Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya 2017" - Selamat Bergabung | Semoga artikel dan isi web HIMAPES Unsri ini dapat memberikan manfaat |17 AGUSTUS 1945-2016 "Perjuangan Bangsa Masih Berlanjut" MERDEKA!!! | Terima kasih sudah mengunjungi web kami | Viva Historia... #noHistory noFuture

Saturday, 11 July 2020

Mengerti Kebutuhan Mahasiswa? Toko Purba Lolos Seleksi PMW Universitas Sriwijaya 2020

Penulis : A. A.  I   Pembina : Adhitya Rol Asmi, S. Pd., M.Pd.


Minggu, 12 Juli 2020   09:18 WIB
 
Palembang -  Indralaya, Himapes.com - Sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi masih berorientasi sebagai pencari kerja (job seeker) daripada sebagai pencipta kerja (job creator). Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) ini menjadi isu “kritis” bagi Universitas Sriwijaya untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan jiwa wirausaha (entreupreuneurship) agar menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses  menghadapi persaingan global. 

Dari Kiri : Ria Melati – Azizah – Tiara Lindita - Dina
Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan  tinggi yang kenyatannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 1 Juli 2020, Universitas Sriwijaya mengumumkan 168 kreatif usaha mahasiswa dengan mengalokasikan dana 750 juta rupiah. 

Diantara usaha yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah Toko Purba dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan program studi Pendidikan Sejarah. Dibawah asuhan (Pembina) Adhitiya Rol Asmi, S.Pd., M.Pd. usaha ini mampu masuk kedalam deretan pengumuman lolos seleksi PMW Universitas Sriwijaya tahun 2020 yang beranggotakan:
Ketua : Imamatul Azizah
Manager Keuangan : Dina Tiara
Manager Pemasaran & Promosi : Ria Melati
Manager Produksi & Pengemasan : Tiara Lindita
Pengalaman Imamatul Azizah atau akrab disapa Zizah ini dalam berbisnis tidak diragukan lagi, sehingga untuk mengikuti ajang seleksi PMW ini akhirnya jebol, pun anggotanya sudah diposisikan yang cocok. Mahasiswi yang menjabat sebagai Kepala Dinas bagian Kewirausahaan ini juga semangat mengajak teman – temannya yang lain untuk menumbuh dan mengembangkan ekonomi kreatif lainnya dengan menjadi informer PMW ini. 
“Untuk seleksi PMW ada 3 tahap, tahap 1 mengusulkan proposal tahap 2 tes wawancara dan terakhir webinar pelatihan kewiraushaaan mahasiswa. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar walaupun banyak rintangan yang harus kami hadapi”, ungkap Zizah saat Tim Pers Himapes.com menghubungi Zizah via Whatsapp dua hari kemarin.
Nama Toko Purba sendiri dicetus oleh sang ketua Imamtul Azizah karena “identik” dengan program studi timnya. Sebelum masa PMW, Zizah sudah membangun usahanya dibidang perdagangan dan jasa bernama Jijak Konter. Merasa peluang usaha kian naik, gejolak seorang wirausahawan mahasiswi angkatan 2018 ini pun ingin mengembangkan usahanya. Menggaet teman-temannya, Zizah dkk. mulai observasi peluang usaha apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa kedepannya.
Siapa sangka, hanya sekotak kue yang kita tahu sebagai “teman” saat acara seminar atau sejenisnya sebagai inspirasi peluang usaha dari keempat mahasiswi tersebut. Mereka yakin, prospek ini menjanjikan mengingat banyaknya organisasi mahasiswa baik internal maupun eksternal kampus selalu mengadakan acara bahkan setiap minggunya. 
“Snack merupakan salah satu yang paling dibutuhkan dalam setiap acara yang diselenggarakan di dalam kampus maupun luar kampus oleh berbagai himpunan mahasiswa ataupun organisasi-organisasi yang ada di Universitas Sriwijaya. Dari hal ini kami mempunyai ide untuk membuat usaha snack Mengingat seringnya acara yang diadakan oleh mahasiswa sehingga memberikan peluang keuntungan yang cukup besar…”
“…berdasarkan data yang kami dapatkan melalui observasi terhadap penjual snack yang ada diluar kampus penjual tersebut sering mendapatkan pesanan lebih dari 100 pacs dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh himpunan mahasiswa ataupun organisasi-organisasi dengan keuntungan yang besar. Hal tersebut mendorong kami untuk menawarkan produk serupa namun dengan inovasi yang berbeda. Maka dari itu kami termotivasi untuk membuka usaha yang diberi nama ‘Toko Purba’ yang bertujuan untuk mempermudah setiap himpunan mahasiswa ataupun organisasi-organisasi untuk memesan snack dengan harga yang terjangkau dan mudah dengan hanya memesan secara online. ”, jelas Zizah.


Harga dari Purba Snack ini pun tergolong sangat terjangkau dimana jajanan sehat ini dibanderol hanya Rp3.500 per snack yang tentu harganya pas untuk organisasi mahasiswa yang sering mengadakan acara.
“Untuk snack sendiri, kami menjual per bungkus mika isi 2 snack : Rp3.500,-/pack dan Bungkus kotak isi 3 snack + aqua : Rp5000,-/pack. tambahan Rp2000,- jika minta topping spesial. lanjut Zizah. 
Usaha yang juga bergerak di bidang kuliner yang sudah berjalan dari bulan Desember 2019 ini pun memberikan penawaran menarik bagi konsumen.
“Kami juga berikan promo kepada konsumen yang membeli snack di atas 100 kotak yaitu gratis anter ke tempat tujuan (untuk wilayah kota palembang)”, lanjutnya.
Tak hanya menjual product untuk mulut, Toko Purba pun menjual kebutuhan mahasiswa yang lainnya loh. Di era digital ini kita yakin bahwa mahasiswa pasti membutuhkan paket internet atau pulsa elektronik untuk kepentingan pribadi atau pendidikannya. Berbekal pengalaman Zizah yang telah membangun Jijak Konter dua tahun silam, Toko Purba menjadi alternatif bagi mahasiswa tanpa perlu keluar rumah. Menyediakan mulai dari pulsa semua provider, token listrik, paket internet, paket telepon, paket sms, hingga top up “dompet elektronik” atau e-wallet. 

Khusus bagi mahasiswa yang repot apabila harus keluar kampus untuk fotocopy? Tidak salah lagi. Toko Purba menyediakan kebutuhan mahasiswa tersebut dengan harga yang murah pula. Mengusung nama “Fotocopy Purba” berlokasi di sekretariat Himapes (sebelah sekretariat BEM DPM KM FKIP). Yap! Dengan gadget, tinggal klik, kebutuhan kita dijamin terpenuhi dengan adanya Toko Purba ini!
“Toko Purba adalah usaha yang mempermudah bagi pelanggan memesan snack untuk suatu acara tanpa harus datang secara langsung ke toko, dimana pemesan hanya cukup memesan secara online lewat Whatsapp atau Instagram. Jadi Toko Purba itu ada Jijak Konter, Purba Snack, sama Fotocopy Purba tapi untuk pengajuan proposal kami masukkan usaha purba snack karna membutuhkan modal yang cukup besar …”
“ … Harapan kami toko purba ini lebih maju dan berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat”, terang Zizah kepada Tim Pers Himapes.com.
Bagaimana guys? Toko Purba dapat sebagai prioritas untuk kebutuhan kamu loh! Untuk pemesanan dan info lebih lanjut  dapat melalui Direct Message via Instagram @toko.purba @azizahkzf_ atau via Whatsapp 082289662669.



“ HARGA KESUKSESAN ADALAH KERJA KERAS “
--- Vince Lombardi ---

Reactions:

1 comment:

Recent Posts