Selamat Datang | Selamat datang "Mahasiswa Baru Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya 2017" - Selamat Bergabung | Semoga artikel dan isi web HIMAPES Unsri ini dapat memberikan manfaat |17 AGUSTUS 1945-2016 "Perjuangan Bangsa Masih Berlanjut" MERDEKA!!! | Terima kasih sudah mengunjungi web kami | Viva Historia... #noHistory noFuture

Monday, 20 March 2017

Seminar Nasional dan Musyawarah Ikahimsi Se-Sumbagsel

SEMINAR NASIONAL DAN MUSYAWARAH IKAHIMSI SE-SUMBAGSEL
Dengan Tema:
“Sumatera Bagian Selatan Dalam Bingkai Maritim Sebagai Acuan Generasi Bangsa Dalam Menghadapi Persaingan Global”

A.   Gambaran Umum
Seminar Nasional ini merupakan bagian dari rangkaian acara dari Musyawarah Wilayah Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI) Koordinator Wilayah X Sumatera Bagian Selatan. Adapun Tema untuk Seminar Nasional ini adalah “Sumatera Bagian Selatan Dalam Bingkai Maritim Sebagai Acuan Generasi Bangsa Dalam Menghadapi Persaingan Global” materi tersebut juga berkaitan dengan upaya pemerintah memperjuangkan kedaulatan maritim wilayah Indonesia. Materi seminar nasional berisi tentang materi kesejarahan maritim wilayah Sumatera Bagian Selatan dari sudut pandang arkeologis, akademis, dan pengetahuan masyarakat umum dengan tujuan untuk menjadikan generasi muda bangsa Indonesia lebih memahami peranan penting kemaritiman Indonesia dalam menghadapi persaingan global dulu dan masa sekarang.
Seminar Nasional ini dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung B FKIP Ogan Universitas Sriwijaya dengan acara pemberian materi mengenai lingkup kesejarahan maritim Sumatera Bagian Selatan dari sudut pandang arkeologis, akademis, dan praktisi sejarah, yang dihadiri oleh pengurus dan delegasi IKAHIMSI Korwil X Sumatera Bagian Selatan dan peserta Seminar Nasional.
Harapannya, setelah materi yang disampaikan dalam seminar nasional ini pengurus IKAHIMSI, delegasi IKAHIMSI dan peserta seminar nasional dapat mengetahui lingkup kesejarahan maritim Sumatera Bagian Selatan dulu dan kini agar dapat memberikan informasi serta pengetahuan kepada generasi bangsa dalam menghadapi persaingan global.

B.   Bentuk Acara:
Sesi acara ini berupa seminar nasional dan diskusi panel dengan pemateri dari ahli arkeologi, akademisi, dan praktisi sejarah. Panitia juga mempersiapkan kelengkapan peralatan acara seminar nasional ini sebagai berikut:
1)    Mic
2)    Sound System
3)    LCD Proyektor
4)    Laptop/Notebook

C.   Peserta :
Peserta terdiri dari pengurus dan delegasi tiap universitas yang menjadi anggota IKAHIMSI di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan peserta seminar nasional .

D.   Target dan Arahan materi
Beberapa hal yang akan dibahas dalam materi ini adalah:

Memberikan gambaran umum sejarah kemaritiman Sumatera Bagian Selatan pada masa pra Sriwijaya, Sriwijaya, dan pasca Sriwijaya dalam sudut pandang dan bukti arkeologis.
Memberikan gambaran kondisi kemaritiman Palembang dan daerah sekitarnya dalam perkembangan ekonomi daerah sejak masa kolonial sampai dengan setelah Indonesia merdeka.
Memberikan gambaran umum kesejarahan maritim sumatera bagian selatan dan dihubungkan dengan isu-isu kekinian dalam perairan Indonesia terkhususkan di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Palembang.
Secara keseluruhan pemateri akan memberikan materi penguatan mengenai peranan generasi muda dalam menghadapi persaingan global (terutama dalam hal penelitian, pendidikan, dan perekonomian) kepada peserta seminar dan beberapa materi motivasi kepada peserta seminar dalam menghadapi dunia kerja.

E.   Tujuan Umum
Memberikan informasi lingkup kesejarahan maritim Sumatera Bagian Selatan dulu dan kini agar dapat memberikan pengetahuan kepada generasi muda bangsa dalam menghadapi persaingan global (dunia kerja dan pendidikan).

F.    Rancangan Acara
Pemaparan Materi dan diskusi panel (tanya jawab). Adapun pemaparan materi seminar nasional diberikan kepada tiga pembicara, sebagai berikut:
1)    Ahli: Sondang Martini Siregar, M.Si
(Peneliti Balai Arkeologi Palembang)
Materi Utama: memberikan gambaran umum sejarah kemaritiman Sumatera Bagian Selatan pada masa pra Sriwijaya, Sriwijaya, dan pasca Sriwijaya dalam sudut pandang dan bukti arkeologis.
2)    Akademisi: Drs. Supriyanto, M.Hum
(Dosen Pendidikan Sejarah FKIP UNSRI)
Materi Utama: memberikan gambaran kondisi kemaritiman Palembang dan daerah sekitarnya dalam perkembangan ekonomi daerah sejak masa kolonial sampai dengan setelah Indonesia merdeka.
3)    Praktisi: Kemas, Ari Pandji, S.Pd., M.Si
(Guru Sejarah dan Sekretaris Umum MSI Kota Palembang)
Materi utama: memberikan gambaran umum kesejarahan maritim sumatera bagian selatan dan dihubungkan dengan isu-isu kekinian dalam perairan Indonesia terkhususkan di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Palembang.
4)    Secara keseluruhan pemateri akan memberikan materi penguatan mengenai peranan generasi muda dalam menghadapi persaingan global (terutama dalam hal penelitian, pendidikan, dan perekonomian) kepada peserta seminar dan beberapa materi motivasi kepada peserta seminar dalam menghadapi dunia kerja.

G.   Waktu dan Tempat
Waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah :
Hari, tanggal               : Kamis, 23 Maret 2017
Waktu                         09.00 WIB s.d. Selesai
Tempat                       : Aula Gedung FKIP Ogan Universitas Sriwijaya.
Jl. Ogan Bukit Besar, Palembang

H.   Penutup
Term of Reference ini disusun sebagai kerangka acuan dalam Seminar Nasional.



BANNER

 PAMFLET

LAMPIRAN




Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts