Selamat Datang | Selamat datang "Mahasiswa Baru Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya 2017" - Selamat Bergabung | Semoga artikel dan isi web HIMAPES Unsri ini dapat memberikan manfaat |17 AGUSTUS 1945-2016 "Perjuangan Bangsa Masih Berlanjut" MERDEKA!!! | Terima kasih sudah mengunjungi web kami | Viva Historia... #noHistory noFuture

Thursday, 2 March 2017

Babad Program Studi Pendidikan Sejarah

Babad Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya
“Sebuah Profil Tentang Silam dan Kini”

Oleh: Nisma Dewi dan Kms. Gerby Novario

Kata orang orang tua dulu ya tepatnya seorang sejarawan kota Palembang Djohan Hanafiah, bila seseorang tak tahu masa lalunya berarti dia tak tahu identitasnya, tak tahu identitasnya berarti tak tahu dirinya, maka semua itu hanya ilusi belaka. Dengan kata lain sejarah itu menunjukan identitas seseorang, kelompok, bahkan suatu bangsa. Kalimat demikianlah yang kemudian menggugah dan menginspirasi penulis untuk mengumpulkan, menyusun, merangkai, dan menulis kembali the pieces of history program studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Selain bertujuan untuk merangkai dan menulis kembali perjalanan sejarah “Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya” Penulis ingin tulisan ini dapat menjadi arsip seperti kata J.V Bryce “Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia” yang mungkin suatu saat dapat memberikan sumbangsih kepada generasi penerus agar tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika ingin mengetahui identitas program studi Pendidikan Sejarah. Layaknya seperti perkataan Moh Yamin “Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan”.


Mengawali tulisan ini penulis akan sedikit berpantun melayu sebagai selayang pandang babad Program Studi Pendidikan Sejarah:


Dari mana punai melayang,
Dari sawah turun ke padi,
Dari mana datangnya sayang,
Dari mata turun ke hati.

Pantun Melayu di atas mewakili perasaan penulis akan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya yang telah membentuk jiwa dan kepribadian penulis sebagai seorang pendidik dan sebagai seorang berjiwa kesejarahan yang berkeinginan agar penerus Program Studi (baik mahasiswa maupun dosen nantinya) mengetahui sejarah program studi ini. Singkat kata marilah kiranya kita bisa melanjutkan cengkerama dan kedekatan ini pada tulisan berbau babad dan history di bawah ini.

Program studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Sriwijaya dan program studi ini juga tergabung dalam jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS).

Program studi Pendidikan Sejarah UNSRI ini berdiri pada tahun 1970 yang diprakarsai oleh Drs. Ma’moen Abdullah (Alm), Drs. F. S. Bandiman, Dra. Wenny Ma’moen, Drs. Djumiran, dan Drs. Ping Arifin (Alm). Pada awal terbentuknya program studi ini melaksanakan perkuliahan pada sore hari mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB di Gedung SMP Negeri 13 Palembang, Jalan Talang Semut Lama Palembang. Hal demikian terjadi dikarenakan Program Studi Pendidikan Sejarah UNSRI belum memiliki gedung sendiri, akan tetapi karena letaknya yang kurang strategis perkuliahan dipindahkan ke SMP Negeri 8 Palembang yang terletak di Jalan Rustam Effendi.

Program studi Pendidikan Sejarah di awal terbentuk tergabung dalam Fakultas Keguruan (FKg) yang sekarang telah mengganti nama menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)[1]. Mahasiswa yang belajar pada program studi ini pada umumnya adalah para guru SMP dan SMA karena belum banyak yang mengetahui jurusan ini. Pada tahun ajaran 1983/1984 FKg merubah nama menjadi FKIP dan memiliki gedung di kampus Universitas Sriwijaya Jalan Ogan Bukit Besar, Palembang[2]. Dengan berjalannya waktu, pada tahun 1983/1984, Fakultas Keguruan (FKg) digabungkan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan kemudian menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang terdiri dari 5 jurusan dan 11 program studi.

Dengan terbentukan FKIP Universitas Sriwijaya, program studi Pendidikan Sejarah mendapat izin pendirian penyelenggaraan dibawah naungan FKIP dengan surat keputusan Dirjen Dikti No. 57/Dikti/Kep/1984, pada tanggal 31 Juli 1984, adapun setelah keputusan tersebut ditunjuk Drs. R. Harifin sebagai Ketua Program Studi. Berikut nama yang pernah menjabat sebagai ketua program studi Pendidikan Sejarah:

Tabel 1. Daftar Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah[3]


No.
Nama
Periode
1.
Drs. R. Harifin
1983-1987
2.
Drs. Ma’moen Abdullah
1987-1991
3.
Drs. Djumiran
1991-1994
4.
Drs. Alian Sair, M.Hum
1994-1998
5.
Drs. Marzuki Ab. Yass. S.U
1998-2000
6.
Drs. Syafruddin Yusuf, M.Pd
2000-2006
7.
Dr. Murni, M.A
2006-2010
8.
Drs. Supriyanto, M.Hum
2010=2014
9.
Drs. H. Alian Sair, M.Hum
2014-Sekarang

Pada tahun 1983, dilakukan pembangunan kampus baru di Inderalaya, Ogan Ilir dengan luas lahan 712 hektar. Pembangunan kampus Inderalaya dimulai tahun 1983 dengan bantuan dana Asian Development Bank (ADB). Pembangunan secara fisik baru dimulai pada tahun 1989 dan selesai pada tanggal 31 Desember 1993. Peresmian Kampus Universitas Sriwijaya di Inderalaya dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 1997 oleh Presiden Soeharto.

Pada tahun ajaran 2009/2010 Program Studi Pendidikan Sejarah UNSRI membuka program ekstensi Pendidikan Sejarah yang terletak di Kampus Palembang[4]Pada periode 2017/2018 program studi Pendidikan Sejarah UNSRI memiliki 12 Dosen pengajar tetap dan 1 Dosen dalam status Internship. Adapun nama-nama dosen pengajar Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya sebagai berikut:

Tabel 2. Daftar Dosen Aktif Program Studi Pendidikan Sejarah Tahun 2017-2018[5]

No.
Nama
Status
1.
Drs. Supriyanto, M.Hum
Aktif
2.
Drs. Alian Sair, M.Hum
Aktif
3.
Drs. Hj. Yunani Hasan, M.Pd
Aktif
4.
Dr. Farida, M.Si
Aktif
5.
Drs. Syafruddin Yusuf, M.Pd (Cand. Dr)
Aktif
6.
Dr. L. R. Retno Susanti M.Hum
Aktif
7.
Drs. Sani Safitri, M.Si
Aktif
8.
Hudaidah, S.Pd., M.Pd (Cand. Dr)
Aktif
9.
Dedi Irwanto, M.A (Cand. Dr)
Aktif
10.
Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. (Cand. Dr)
Aktif
11.
Adhitya Rol Asmi, M.Pd
Aktif
12.
Aulia Dhita Novemy S. M.Pd
Aktif/Internship

Program studi Pendidikan Sejarah UNSRI memiliki dua laboratorium pembelajaran sejarah dan satu perpustakaan program studi yang terletak di Kampus Palembang dan Kampus Inderalaya. Pada tahun 2016 ruang laboratorium kedua dibangun dan diresmikan oleh Dekan FKIP UNSRI yaitu Prof. Sofendi, Ph.D. Adapun pada tahun 2013 program studi Pendidikan Sejarah menjadi satu-satunya Program Studi di FKIP UNSRI yang mendapatkan Akreditasi “A” dari BAN-PT, selain itu pada tahun 2017 Universitas Sriwijaya mendapatkan Akreditasi “A” dari BAN-PT.



Pada tahun 2017 program studi Pendidikan Sejarah UNSRI memiliki 335 Mahasiswa dalam status aktif terhitung dari angkatan 2012-2016, dengan rincian 207 Mahasiswa Kampus Inderalaya dan 128 Mahasiwa Kampus Palembang[6]. Adapun program studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya memiliki banyak prestasi baik yang dihasilkan prodi ataupun mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah baik dalam tingkat lokal maupun nasional.

Mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah pada masa belajarnya juga dilatih untuk ikut terlibat aktif, responsibilitas, organisasi, kemampuan, dan kepemimpinan dalam beberapa wadah seperti dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HIMAPES) dan Ikatan Alumni Pendidikan Sejarah (IKAPSAH) dibawah naungan program studi Pendidikan sejarah.

Program studi Pendidikan Sejarah pada dasawarsa kedua abad ke-21 ini memiliki visi menjadikan program studi Pendidikan Sejarah UNSRI sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, riset, dan informasi kependidikan dan kesejarahan. Program studi Pendidikan Sejarah UNSRI memiliki misi yaitu menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan:
1.    Pendidikan yang menghasilkan tenaga kependidikan sejarah yang profesional serta mampu bersaing secara global.

2.   Penelitian dibidang kependidikan dan kesejarahan baik ditingkat lokal maupun nasional.
3.    Pengabdian yang berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan sejarah yang sesuai perkembangan dan kebudayaan masyarakat[7].

Program studi Pendidikan Sejarah UNSRI sebagai bagian dari FKIP Universitas Sriwijaya dalam melaksanakan pendidikan mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.    Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional dengan masa studi tepat waktu.
2.    Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan yang bermutu dan lulusan yang dapat berkompetensi dalam melaksanakan memenuhi tuntutan dunia kerja.
3.    Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian baik dibidang pendidikan maupun dibidang sejarah yang hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan informasi kesejarahan yang dapat dipertanggung jawabkkan.
4.    Menghasilkan karya yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hubungan yang sinergis antara FKIP UNSRI, lembaga lain, dan masyarakat[8].

Singkat kisah program studi Pendidikan Sejarah telah dikupas bagian dermis nya, seperti mengutip perkataan W.H. Walsh:
“Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.”
Diharapkan tulisan ini sedari awal sampai akhir dapat memberikan beberapa helaian cerita dan pengetahuan akan program studi ini. Menjadi bermakna ketika bacaan ini dituangkan dan dibagikan kembali pada tokoh yang berkaitan dengan tulisan ini.

Simak Video Berikut:




Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. (Minke, 352)





[1] Iriana, 2013. Perbedaan Prestasi Akademik Antara Mahasiswa Kampus Palembang dengan Mahasiswa Kampus Inderalaya Pada Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. (Skripsi). hlm: 26.
[2] Oktarina, Neni. 2016.Motivasi Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Pendidikan Sejarah Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Skripsi). hlm. 11.
[3] Arsip Universitas Sriwijaya
[4] Universitas Sriwijaya. 2010. Buku Pedoman Akademik FKIP UNSRI. Hlm. 2
[5] Sumber: Arsip dan Data Program Studi Pendidikan Sejarah
[6] Sumber Data Akademik Universitas Sriwijaya. Lihat pada www.unsri.ac.id
[7] Iriana, op.cit
[8] Italiana. 2007. Peranan Museum Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah di Universitas Sriwijaya. (Skripsi). Hlm. 28.
Reactions:

2 comments:

Recent Posts