Selamat Datang | Selamat datang "Mahasiswa Baru Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya 2017" - Selamat Bergabung | Semoga artikel dan isi web HIMAPES Unsri ini dapat memberikan manfaat |17 AGUSTUS 1945-2016 "Perjuangan Bangsa Masih Berlanjut" MERDEKA!!! | Terima kasih sudah mengunjungi web kami | Viva Historia... #noHistory noFuture

Friday, 1 April 2016

Peninggalan Masa Hindu Budha di Kota Palembang: Situs Talang Tuo

Situs Talang Tuo: Taman Srikestra

      Situs Talang Tuo merupakan tempat penemuan Prasasti Talang Tuo yang ditemukan oleh L.C Westenenk (Residen Palembang) pada tahun 17 November 1920 di situs Talang Tuo yang terletak di Dusun Talang Tuo, Kecamatan Talang Kelapa sekitar 10 Km ke arah barat laut dari pusat Kota Palembang atau sekitar 5 Km disebelah barat laut Bukit Siguntang. Bila kita tarik garis lurus sepanjang 5 Km ke barat laut dari Bukit Siguntang, dapat diperkirakan lokasi Taman Srikestra dan tempat temuan prasasti Talang Tuo pada gambar 11.
Gambar. Perkiraan Lokasi Temuan Prasasti Talang Tuo dan Taman Srikestra

Keadaan fisik prasasti masih baik dengan bidang datar yang ditulisi berukuran 50x80 cm. Prasasti ini berangka tahun 606 Saka (684 Masehi), ditulis dengan aksara Pallawa dan bahasa Melayu Kuno yang terdiri dari 14 baris (Utomo, Hanafiah, dan Ambary. 2012:88). Prasasti ini menjadi sangat penting karena isinya menceritakan tentang pembangunan Taman Srikestra oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Taman Srikestra ini ditanami dengan tanaman kebutuhan sehari-hari seperti pohon kelapa, pinang, aren, sagu dan sebagainya untuk kesejahteraan semua makhluk. Lahan tempat taman itu di bangun mempunyai permukaan tanah yang berbukit-bukit dan berlembah. Di dasar lembah mengalir sungai kecil yang akhirnya bermuara di Sungai Musi. Prasasti ini dapat disimpan di Museum Nasional Jakarta, replika prasasti dapat ditemui di Museum Sriwijaya TWBKS dan Museum Balaputeradewa.




Sumber:
1. _____.1994. Situs-situs Masa Klasik di Kota Palembang. Palembang: Pemda Tingkat I Prov. Sumatera Selatan.
2. Utomo, Bambang Budi, dkk. 2012. Kota Palembang: Dari Wanua Sriwijaya Menuju Palembang Modern. Palembang: Pemerintah Kota Palembang.
3 ._____. 2007. Menelusuri Jejak-Jejak Peradaban Di Sumatera Selatan. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.
4. Poesponegoro. M.D. dan Nugroho Notosusanto. 2010. Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno. Jakarta: Balai Pus
5. Coedes. G. Dan L. Ch. Damais. 1989. Kedatuan Sriwijaya: Penelitian Tentang Sriwijaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts